logo blog

Pencak Silat Pagar Nusa Bustanul Ulum Pagerharjo

Pencak Silat Pagar Nusa Bustanul Ulum Pagerharjo
Himpunan Siswa Bustanul Ulum (HISBU) Tahun Pelajaran 2014/2015 mengadakan Ekstrakurikuler Silat. Meskipun ini bukan barang baru di Bustanul Ulum tetapi mampu menyedot antusias para siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Pentolan Bustanul Ulum, K. Ubaidah Nashrun merupakan penggagas dan pembesar Pencak Silat Pagar Nusa di Desa Pagerharjo dan Kab. Pati.

Sehingga tidak heran apabila kenyataannya anak-anak maampu menerima jurus-jurus silat dengan mudah. Hal ini dimungkinkan memang masih ada darah silat di dalam tubuh mereka.

Mungkin teman-teman ada yang menanyakan mengapa pencak silatnya bernama “Pagar Nusa”, hal ini perlu diketahui oleh teman-teman semua. Bahwa Pencak Silat Pagar Nusa merupakan produk dari NU, Nahdlatul Ulama’, salah satu Organisasi Islam terbesar di Indonesia. Adapun tujuan utama dari Silat Pagar Nusa adalah untuk mempersatukan anekaragam pencak silat yaang dulu berkembang di Nusantara.

Dulunya diilingkungan Pesantren NU,terdapat banyak aliran silat baik aliran silat jawa timur,jawa barat,jawa tengah,Banten,silat betawi,silek minang,silat Mandar,Silat Mataram,dan lain lain,oleh karena itulah untuk menyatukan semua aliran silat tersebut di bentuklah pagar nusa.sebagai wadah perkumpulan pencak silat yang masih dalam naungan NU.Wadah ini tetap membuka keragaman dan memberi keluasaan pada tiap-tiap perguruan untuk mengembangkan diri.artinya walaupun ada perbedaan namun tetap satu saudara.
Sehingga dengan alur cerita yang sudah kita ketahui bersama, Kader-Kader Silat Himpunan Bustanul Ulum ini, belajar silat tidak untuk mencari musuh, melainkan untuk mencari sahabat. Salah satu hal yang menarik dalam pelatihan Silat di PIB ini adalah pesertanya didominasi oleh kaum hawa. Mengapa demikian?? Ini menjadi sebuah alasan bahwa saat ini para wanita perlu mampu membela diri apabila ada bahaya yang mengancam dirinya. Terlebih saat ini penjahat dan kriminal ada dimana-mana.
Harapan kita semoga Pencak Silat Pagar Nusa Bustanul Ulum ini, kedepan lebih berkembang dan tentunya dapat menunjukkan eksistensinya di level Kabupaten Pati. Selamat belajar dan terus bersemangat.
ADMIN
Himpunan Siswa Bustanul Ulum

Bila orang mulai dengan kepastian, dia akan berakhir dengan keraguan. Jika orang mulai dengan keraguan, dia akan berakhir dengan kepastian.

Posting Komentar